Uni Eropa Minta China Mencabut Larangan di BBC

Uni Eropa Minta China Mencabut Larangan di BBC


Uni Eropa pada hari Sabtu meminta China untuk mencabut larangannya terhadap saluran televisi BBC World News yang diberlakukan sebagai pembalasan nyata atas pencabutan lisensi CGTN milik pemerintah China oleh Inggris.

Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah Beijing selanjutnya membatasi “kebebasan berekspresi dan akses ke informasi di dalam perbatasannya,” dan melanggar baik konstitusi China maupun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.
Pernyataan itu juga mengatakan bahwa pengumuman Hong Kong bahwa penyiar publiknya juga akan berhenti menyiarkan siaran BBC menambah “erosi hak dan kebebasan yang sedang berlangsung” di wilayah semi-otonom China sejak pemberlakuan tahun lalu dari keamanan nasional baru yang menyapu. hukum.

Ikuti NewsGram di Facebook untuk tetap update.

“Uni Eropa tetap berkomitmen kuat untuk menjaga kebebasan dan pluralisme media, serta melindungi hak atas kebebasan berekspresi online dan offline, termasuk kebebasan untuk berpendapat dan menerima serta menyampaikan informasi tanpa campur tangan apa pun,” kata pernyataan itu.

Meskipun Inggris tidak lagi berada di UE, Inggris tetap menjadi anggota Dewan Eropa, yang mengawasi perjanjian tahun 1989 yang menghubungkan lisensi penyiaran. Inggris, AS, dan koresponden asing yang berbasis di China juga menyatakan kekecewaan atas larangan BBC.

Langkah China pada Kamis sebagian besar bersifat simbolis karena BBC World hanya ditayangkan pada sistem TV kabel di hotel dan kompleks apartemen untuk orang asing dan beberapa bisnis lainnya. Namun, itu terjadi dengan latar belakang konflik yang berkembang antara Beijing dan pemerintah Barat atas banyak masalah mulai dari hak asasi manusia hingga perdagangan dan pandemi COVID-19 di mana kritik China atas liputan media asing telah memainkan peran penting.

CGTN dilarang di Inggris dengan alasan terkait dengan PKC. Pixabay

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan liputan BBC World News tentang negara itu melanggar persyaratan bahwa pelaporan berita harus benar dan tidak memihak, yang mencerminkan keluhan tentang laporan BBC tentang tanggapan awal pemerintah terhadap wabah virus di China. Keluhan lainnya adalah atas tuduhan kerja paksa dan pelecehan seksual di wilayah barat laut China Xinjiang, rumah bagi warga Uighur dan kelompok etnis mayoritas Muslim lainnya. Pernyataan Uni Eropa secara khusus mengaitkan larangan tersebut dengan pelaporan BBC tentang topik tersebut.

Tidak jelas apakah wartawan BBC di China akan terpengaruh. Tahun lalu, Beijing mengusir wartawan asing untuk The Washington Post, The Wall Street Journal, dan The New York Times di tengah perselisihan dengan pemerintahan Trump dan keluhan tentang kritik media terhadap Partai Komunis yang berkuasa.

BACA JUGA: Buku Ameya Prabhu Menunjukkan Keyakinan di Kota-Kota Kecil

Pengawas komunikasi Inggris, Ofcom, mencabut lisensi CGTN, saluran berita satelit berbahasa Inggris China, pada 4 Februari, mengutip tautan ke Partai Komunis, di antara alasan lainnya.
Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan Ofcom bertindak atas dasar “dasar politik berdasarkan bias ideologis.”

Kehilangan lisensi British-nya merupakan pukulan besar bagi CGTN, yang merupakan bagian dari upaya global oleh partai tersebut untuk mempromosikan pandangannya dan menantang narasi media Barat tentang China, yang telah menuangkan sumber daya yang sangat besar. CGTN memiliki pusat operasi Eropa di London. (VOA)

Diposting Oleh : http://54.248.59.145/